Lucu

Siapa sih yang ga mau jadi lucu? Mau banget dan seneng banget pastinya. Kalo kata Syahrini, melucu itu "sesuatu banget yah!!" Karena selaen bisa ngehibur orang, kehadiran kita juga dirindukan sama sekitar kita. Tujuannya ya itu tadi. Bisa "mencairkan" suasana dengan lawakan-lawakan seger. Tapi segampang itukah kita melucu? Semudah itukah kita melemparkan bahan tertawaan kepada semua orang? Kalo kata saya sih susah.

Kok saya bisa bilang susah? Iya, saya pernah ngerasain, dan malah terus ngerasain sampe sekarang. Iya, kan jadi ceritanya nih kerjaan saya jadi penyiar. Nah dalam beberapa acara yang saya bawakan, secara ga langsung saya dituntut untuk menjadi pribadi yang lucu. Yang bisa bikin pendengar ketawa atau paling ga senyum manis kayak senyuman istri diawal bulan. Tuntutan siapa? Diri sendiri. Kalo dari manajer sih ngebebasin aja. Kreasi lu deh, kasarnya gitu. Tapi saya jadi ngerasa kayak punya tanggung jawab untuk menghibur mereka yang udah ngeluangin waktu buat ngedengerin siaran saya. Yoi, saya berusaha buat "memuaskan" mereka yang udah ngedengerin saya. Kalo tipe siaran baca sms, terima telepon, puter lagu mah udah umum. Ga ada tantangannya. Makanya saya nyoba buat jadi lucu tiap siaran, biar ada gregetnya.

Hasil dari usaha saya membuat sesuatu yang lucu? Ya kerja (lumayan) keras. Nyari-nyari materi di internet, ngeliatin tingkah orang, maen-maenin kata, atau kalo udah mentok ya meniru lawakan orang laen. Hasilnya lumayan. Ratting acara saya bisa dikatakan tertinggi, hehehe.. Bukan sombong lho ya!! :D

Balik lagi ke masalah lucu. Emang beneran ga gampang sih. Ada beberapa temen pelawak yang sering cerita kalo menjadi lucu itu beban. Iya, mereka diharuskan memiliki materi joke yang segar, bisa bikin orang tertarik dan tertawa tanpa terkesan dan terdengar maksa, lebih-lebih garing. Temen-temen saya ini juga lebih memilih menghindari tipe lawakan yang umum di TV saat ini. Contohnya? Ya menjadi banci, melakukan kekerasan demi mendapat tertawaan. Itu bukan lucu yang bener-bener lucu. Gitu kata mereka.

Siapa bilang ngelucu itu ga pake mikir? Kudu banget, bahkan Indro dan Mi'ing aja bilang kalo mau menjadi pelawak atau paling ga jadi lucu itu harus cerdas. Cerdas gimana dah? Ya harus bisa liat tempat, lingkungan situh ngelucu juga orang-orang yang menjadi pendengar situ. Materi juga diperhatiin. Kan ga mungkin situ nggelar lawakan berbau seks sementara yang ngedengerin tuh orang-orang berpeci. Juga ga mungkin situh mencoba ngelawak satire politik sementara yang ngedengerin ga pernah ngerti yang begituan. Jatohnya malah garing. Si temen saya juga bilang, ati-ati kalo misalnya mao ngelawak didepan cewek. Jangan sekali-kali ngasih lawakan berbau seks kalo situh belom kenal banget sama target lawakan situh. Ga semua cewek lho suka dengan lawakan vulgar. Salah-salah, mereka bukannya tertawa malah tersinggung.

Ini yang kebanyakan orang belom ngerti. Maen ngelucu aja, tanpa menyadari efeknya. Bisa tersinggung apa nggak yang ngedengernya. Kebanyakan pelawak lokalan. Kalo saya sama temen-temen sih biasa nyebut begitu.

Ah udah ah, sok ngejelasin malah ini, wong saya aja masih suka garing N salah kok tiap kali ngelempar lawakan. Yah yang penting mau belajar dan selalu merasa bodoh, agar ga kebal ilmu, gitu kata Mama saya :D

SELESAI

2 Responses so far.

  1. Anonim says:

    Nggak semua lawakan lucu.
    Hal biasa pun bisa menjadi lucu.
    Jadi lucu pun juga relatif.

  2. ricjan says:

    bener banget tuh,,

Leave a Reply