Setiap orang, mao cewe mao cowo, baik itu orang tua, anak muda maupun anak-anak, pasti pengen banget buat bisa di denger segala ocehannya, atao rintihannya. Pengen selalu ada orang yang harus siap sedia 24 jam yang siap denger segala kata yang keluar dari bibir mereka. Tapi sadar ga sih kalo mereka yang selama ini siap jadi pendenger situ juga butuh di denger suara-suara, keluh kesah dan desahan mereka??. #eh

Ini yang hampir selalu ga bisa di ngertiin sama kebanyakan orang, maunya di denger mulu, tanpa pengen mendengarkan. Padahal situh nyadar ga kalo situh nyuruh orang untuk ngedengerin curhatan ato ocehan situh barang setengah jam aja, secara ga lansung situh uidah nyebarin atau mempengaruhi si pendengar dengan ocehan situh??, iya kalo apa yang situh ocehin berkualitas atau bermakna, maka si pendengar bakal dapet pengaruh baik, tapi kalo situh cuma bagi-bagi cerita sedih dituh, cuma bisa ngoceh soal keluh kesah situh, apa ga kesian tuh yang ngedengerin??. Di satu sisi, setelah situh ngoceh panjang lebar, situh ngerasa lega, tapi situh ga nyadar, abis situh lega, giliran pendengar tadi yang mulai ngerasa galau.

Bukan, saya bukan lagi mempengaruhi situh untuk mulai belajar ga curhat. Ga kok, karna seperti yang kita tau, curhat atau berbagi itu perlu, karna di yakinin bisa ngurangin beban si penderita. Tapi berbagi yang gimana dulu??, kalo cuma situh doank yang minta di dengerin sementara situh ga mao ngedengerin, ya salah. Semua kudu ada take N give sobh!!!.

Mendominasi omongan itu perlu, karna memperlihatkan seberapa mumpuni kita dalam topik yang lagi di omongin, tapi memberi kesempatan kuping untuk mendengar juga lebih perlu, karna dengan begitu, kita bisa melihat segala sesuatu dari otak dan pikiran yang berbeda. Kalo situh cuma mao mendominasi aja, ya ga usah ngobrol. Kalo situh berniat rapat/sharring tapi cuma situh yang punya kekuasaan buat ngoceh, ya ga usah. Karna bukannya tujuan utama dari yang namanya share/rapat/musyawarah itu sebenernya buat ngambil jawaban terbaik dari berbagai kepala??.

Mendengarkan belom tentu situh bego karna ga ikutan nyumbang suara, di dengarkan juga ga selamanya keren, karna siapa tau, di balik sikap rekan-rekan yang ngedengerin ocehan situh sepanjang hari tersimpan ke-eneg-an yang begitu mendalam akan segala ocehan N raungan anda.

Manusia yang baik adalah (katanya) manusia yang melakukan segala sesuatunya dengan seimbang a.k.a ga berlebihan. Sama aja kaya ngomong. Dalem taraf wajar, sebuah omongan yang keluar dari mulut situh akan terdengar berguna, tapi kalo udah berlebihan, segala macem omongan situh, mau itu berbobot sekalipun, akan menjadi sebuah siksaan bagi yang mendengarkan. Makanya, menjadi seorang pembicara, biar kata itu cuma di lingkup keluarga ato lingkungan pertemanan harus tau batsan. Kapan kudu berenti, kapan kudu siap ngoceh lagi. Laen hal kalo kerjaan situh menuntut ocehan yang berlebih, macem saya yang jadi penyiar,hahaha..

Suara yang harus di dengar tidak selalu suara yang keluar dari dalem mulut situh ato orang laen. Terkadang suara hati yang selalu meraung pun harus di dengar. Ini bukan untuk ajang ngobrol ato curhat dengan suara hati anda, tapi lebih ke koreksi diri, akal dan pikiran, karna hati selalu menjadi tempat terbaik dari datangnya segala kritik juga masukan yang bagus untuk diri kita sendiri.

SELESAI

Leave a Reply