Siapa sih saya, seorang Ray Rahendra? Saya ga tau, ga bisa tuk ngasih tau, karena saya sendiri pun masih sangat bingung tuk mendeskripsikannya. Yang jelas, yang saya rasakan, sebagai manusia yang katanya masih muda saya udah lumayan kenangan sama yang namanya kerasnya idup. Segala macem jenis idup ya udah saya rasain. Dari mulai yang enak sampe yang susah banget.

Siapa saya? Saya anak muda yang sudah mulai bekerja disaat temen sebaya saya masih ngerasain endahnya masa SMA. Macem-macem kerjaan udah pernah saya jamah. Dari mulai kesetrum bolak balik pas jadi tukang reparasi AC yang pembayarannya pun (selalu) telat. Saya pernah tau susahnya menjadi tukang besi tuh gimana. Iya, tukang besi, yang kerjaannya saban hari itu nge-las, ngamplas, sama motong besi. Hasil yang saya dapet? Entah udah berapa malem saya sulit tidur karena mata yang kelilipan serbuk besi dan tangan yang susah digerakin karena kemeng dan bengkak terkena efek dari karat. Pernah juga saya ketipu temen, dijanjikan posisi marketing, ga taunya cuma jadi babu di rumah sang bos. Iya, babu. Bangun tiap hari jam 5 subuh, nyapu, ngepel, nyetrika, ngurusin rumah, baru bisa tidur lelap jam 10 malem. Soal bayaran? Jangan ditanya, bisa ngerokok ama makan rutin aja sukur. Pernah jalan kaki 10 kilo pas matahari lagi panas-panasnya? Saya udah. Terjadi saat uang di saku saya cuma cukup tuk berangkat kerja di awal bulan, ceritanya mau ngambil gaji, pas nyampe di tempat, ternyata tempatnya kosong melompong. Nunggu satu ampe dua jam ga ada orang, akhirnya saya pulang. Jalan kaki 10 kilo.

Masa iya menderita mulu Ray? Ga juga ah. Saya pernah jadi asisten pengacara, tugasnya ngetikin naskah tuh pengacara kalo pas dia mau sidang, juga nyambi ngetikin naskah buat buku yang dia bikin. Udah ngerasain juga jadi Program Director dan Produksi di salah satu radio di Tangerang. Sempet ngerasain juga jadi pengantar makanan di salah satu kafe di Tangerang yang dalam semalem bisa ngantongin 50 ribu cuma dari uang tip. Terus kemanain duitnya? Duitnya ya ga semua total buat saya. Saya "derma"kan sebagian besar buat orang rumah. Karena semenjak mama ga kerja, saya yang secara tidak langsung ditunjuk jadi harapan keluarga.

Capek-kah saya hidup seperti ini? Bohong kalo saya bilang ga. Menyesalkah saya? Ga, hidup itu bukan buat disesali. Syukuri aja. Apa iya hidup bakal berubah dengan kita menyesali nasib? Syukuri dan perbaiki. Berdoa moga bisa jadi masa depan yang lebih baik.

Bisa di bilang dengan kehidupan yang seperti itu, saya cukup kenyang sama yang namanya cacian, hinaan, pun makian. Baik dari orang terdekat juga orang lain. Bahkan dari orang yang sebelumnya saya anggap spesial. (mantan) Pacar dan keluarganya. Dari mulai hinaan kecil macem, "Mao jadi apa lu?" sampe hinaan gede kaya, "Mau makan apa anak saya kalo pacaran sama kamu? Idup ga jelas, kerjaan ga jelas, masa depan pun ga keliatan" atau "Yakin deh, masa depan lu tuh pasti bakalan suram, Gagal" Yang terbaru adalah hinaan secara halus. Mereka menghina suku saya, menghina pendidikan, juga menganggap remeh saya. Terus saya gimana? Yang paling awal yang saya lakuin ya cuma nangis. Karena cuma dengan nangis semua beban saya ilang. Yang kedua yang saya lakuin cuma menanamkan dalam hati. "Terserah lu kata apa deh. Yang penting keluarga gw bisa makan 2 kali sehari, ade-ade gw bisa pada sekolah tinggi, kake nene ama emak gw kaga keujanan kalo pas ujan, kaga kepanasan kalo pas siang, ama ga kedinginan kalo pas malem. Selama gw ga minta makan sama lu pada, seterah!!" Walaupun pada kenyataannya saya gagal dan nangis (lagi).

Sampe sini pasti pada mikir kalo posting saya kali ini cuman nyari pujian ato rasa kesian. Ga tuh. Saya cuma mo berusaha nyampein kalo yang namanya idup tuh ya udah pasti susah, jangan selalu menyalahkan idup karena masih banyak tantangan di luar sana yang bahkan lebih ganas dari kematian. Selalu bersyukur dan pantang menyerah. Selama masih punya nafas, kaki tuk berjalan, tangan tuk berusaha, dan mulut tuk bicara, artinya kita makhluk sempurna. Tuhan ga pernah salah dalam menciptakan makhluknya. Yang salah adalah saat kita tidak bisa bersyukur dengan apa yang ada. Ada saat dimana kita gagal, tapi akan ada banyak saat dimana kebahagiaan menanti. Yang diperlukan cuma keyakinan dan semangat hidup. Masalah untung beruntung, nasib dan takdir itu belakangan. Banyak orang bisa mematahkan takdir, kenapa kita ga bisa?

Satu contoh kecil lagi. Awal saya nyampe Madiun, saya bukan siapa-siapa selain seorang dengan penyakit liver yang baru aja pindah dari Jakarta. Selang 6 bulan, saya dapet kerja. Jadi seorang penjual kembang yang buka stand di salah satu hipermarket di Madiun. Karena tempatnya terbuka, ya selama 1 tahun saya kerja disini, yang namanya ujan keujanan, panas kepanasan, baru bisa ngerokok sama makan kalo pas ada kembang yang kejual. Kalo ga ada? Ya kaga makan sampe nanti pulang ke rumah. Puas menjadi tukang kembang, entah ada angin darimana, ada seorang baik yang nawarin saya kerja di Kafe, jadi juru masak. Otomatis gaji bertambah, kehidupan menjadi lebih baik. Saya seneng, orang rumah pun dapat diperhatikan dengan baik. Tapi karena satu masalah, selang setahun saya kerja, akhirnya saya berhenti. Selesai. Nganggur selama tiga bulan, somehow saya nyoba ngelamar ke DCS Fm dan alhamdulillah diterima. Saya bisa jadi lebih baik lagi, karena saya bekerja ditempat yang memang saya idamkan. Dunia saya.

Akhirnya sekarang saya sibuk kerja (baca = siaran), ngurusin sebuah komunitas sastra yang bulan depan akan ngadain seminar pertamanya, menulis sebuah buku, juga menjadi seorang yang insya Allah dapat terus berguna. Kuncinya cuma yakin dan berusaha. Selebihnya? Tuhan yang punya kehendak.

Kalo saya bisa, situ pasti bisa lebih baik. Jadikan celotehan, lecehan, cacian juga makian sebagai pelecut, bukan sebagai hakim. Saya menjadikan semua itu sebagai bahan bakar emosi yang saya salurkan dengan baik. Putus asa adalah tujuan mereka mencaci, namun pembuktian yang membuat mereka terdiam. Dan saya sedang menuju kesana.

SELESAI

One Response so far.

  1. Anonim says:

    Pengalaman hidup yang menarik, kata2 ini ada di pikiran saya, penyesalan...
    Menyesalkah saya? Ga, hidup itu bukan buat disesali.
    Banyak hal yang saya sesali dalam hidup, jika bisa aku ingin mengulangnya, saat saya menyesal atas yang telah terjadi..
    Pada kenyataannya penyesalan itu hanya sia-sia, yang bisa saya lakukan adalah maju kedepan, menengok kebelakang tapi tidak harus mundur...

Leave a Reply